Home » » Pertimbangkan dengan Matang Sebelum Investasi Fintech

Pertimbangkan dengan Matang Sebelum Investasi Fintech

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin berkembang pesat, menyebabkan investasi fintech muncul dan menjadi pusat perhatian banyak orang. Hal tersebut dikarenakan bahwa investasi adalah suatu bagian yang sangat identik dengan kebutuhan finansial, sehingga akan dianggap tidak lengkap apabila finansial juga tidak lepas dari pengaruh kemajuan internet.

Pertimbangkan dengan Matang Sebelum Investasi Fintech

Dengan bantuan internet maka, konsep fintech atau financial technologi muncul. Yang mana dalam konsep ini segala sesuatu yang berkaitan dengan tabungan, pembayaran, bahkan investasi dapat dilakukan dengan menggunakan teknologi internet.

Pengertian Fintech Lending (P2P Lending)
Fintech lending adalah suatu sebutan lain dari Peer to Peer (P2P) lending yang mana dalam konsep dasar yang ada di dalamnya, sistem fintech lending ini menyediakan tempat bagi peminjam maupun yang memberikan pinjaman, yang selanjutnya disebut sabagai pihak peminjam serta pihak pemberi dana. Sehingga dapat saling berinteraksi dalam berbagai kebutuhan.

Sehingga dapat diartikan pula bahwa fintech lending merupakan suatu metode ataupun ptaktek memberikan pinjaman berupa uang kepada pelaku bisnis atau individu serta berlaku juga sebaliknya yaitu mengajukan sebuah pinjaman yang nantinya digunakan dalam kegiatan bisnis maupun individu.

Intinya, yang dimaksud dengan P2P lending adalah konsep yang menghubungkan antara pihak pendana dengan pihak peminjam dana yang dilakukan secara online.

Fintech lending ini sebagai suatu konsep investasi ekonomi inklusif dapat memungkinkan siapapun termasuk Anda untuk bisa mengambil peran sebagai pihak yang memberikan pinjaman atau sebagai pihak yang mengajukan suatu pinjaman untuk berbagai keperluan tanpa menggunakan perantara.

Sehingga dapat dikatakan pula bahwa konsep dalam P2P lending ini mirip dengan konsep pasar online yang mana menyediakan tempat bagi pembeli dengan penjual tanpa bertemu secara langsung.

Beberapa Hal yang Harus Diingat Saat Investasi di Fintech Lending

1. Sebarluaskan Investasi ke Berbagai Peminjam
Sebagai tempat untuk dapat melakukan fintech lending, Amartha pasti mempunyai sejumlah pihak peminjam yang memerlukan pendanaan. Sangat dianjurkan untuk Anda tidak memberikan dana sepenuhnya kepada satu peminjam, akan tetapi bagikanlah dana Anda untuk beberapa peminjam dengan kebutuhan yang berbeda,
Karena bisa jadi salah satu peminjam yang anda danai tidak dapat membayar pinjamannya, sehingga apabila Anda memberikan pinjaman sepenuhnya maka Anda akan ragu. Namun apabila Anda meminjamkan dana Anda ke beberapa pihak, walaupun terdapat pihak yang tidak dapat membayarnya, tapi dari pihak yang lain dapat membayarnya, maka Anda masih tetap mendapatkan keuntungan.

2. Jangan Gunakan Tabungan untuk Investasi
Ketika Anda memutuskan untuk terjun ke dalam dunia investasi, maka Anda harus dapat memisahkan antara tabungan atau dana darurat anda dengan dana yang akan digunakan untuk berinvestasi. Sebab dana yang di investasikan ke investasi P2P atau fintech lending, dana Anda tidak dapat diambil kembali.

Namun Anda harus terlebih dahulu menunggu dana yang Anda investasikan dibayar oleh pihak peminjam. Sehingga sangat tidak dianjurkan untuk anda menginvestasikan dana yang masih digunakan dalam waktu dekat.

3. Jangan Taruhan dengan Investasi Fintech
Sebelum mulai menginvestasikan dana Anda perlu untuk menyiapkan semua data yang diperlukan, serta lakukan riset secara mendalam terkait data pihak peminjam. Hal tersebut bertujuan untuk menjamin pihak pendana sehingga dapat yakin meminjamkan dana Anda kepada yang bersangkutan.

4. Berinvetasi dengan Penuh Keyakinan
Anda harus mempersiapkan diri atas risiko yang mungkin terjadi, untuk itu berinvestasilah dengan dana yang memang sanggup untuk Anda menanggung kerugiannya apabila mengalami kerugian.

Apabila Anda sudah memahami terkait invetasi fintech lending dengan segala ketentuan yang perlu dipersiapkan. Sudah pasti Anda dapat menentukan pilihan terbaik anda untuk terjun atau tidaknya dalam dunia investasi.
Thanks for reading Pertimbangkan dengan Matang Sebelum Investasi Fintech

Newest
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar