Home » » Pentingnya Surat Keterangan Ahli Waris Di Masa Mendatang

Pentingnya Surat Keterangan Ahli Waris Di Masa Mendatang


Surat bukan hanya sekedar kertas bertuliskan tinta dan dibubuhi tanda tangan. Lebih dari itu surat bisa berperan sebagai memo penyimpan kesepakatan. Jika terjadi sesuatu di luar perkiraan, sering kali anda membuka lagi surat untuk menemukan titik terang.

Tidak jarang pula harta waris menjadi permasalahan di tengah keluarga. Untuk menyiasatinya pihak pewaris membuat surat keterangan ahli waris. Namun kebanyakan orang menganggap rumit proses pembuatan surat, padahal anda bisa dengan mudah membuatnya sendiri. Bagi anda yang akan membuat surat keterangan ahli waris, bisa lihat ulasan berikut ini :

Cara Membuat Surat Keterangan Ahli Waris
Dikutip dari Rumah123.com untuk warga negara asli Indonesia, surat keterangan ahli waris memerlukan tanda tangan 2 orang saksi, disahkan oleh lurah dan diperkuat oleh camat daerah masing – masing. Pengerjaannya relatif cepat tergantung si pembuat surat. Berikut cara membuat surat keterangan ahli waris :


Pentingnya Surat Keterangan Ahli Waris Di Masa Mendatang

1. Siapkan dokumen
Siapkan foto copy dokumen untuk urusan administrasi. Dokumen tersebut yaitu KTP, KK, surat kematian dari rumah sakit, akta kematian, surat nikah, KTP istri dan anak dan akta lahir seluruh ahli waris

2. Tulis surat pertanyaan sebagai ahli waris
Anda juga harus menyertakan surat pernyataan sebagai ahli waris. Surat pernyataan ahli waris sangat penting untuk menunjukkan siapa saja yang menjadi ahli waris.

3. Surat pengantar  RT/RW
Setelah semua dokumen di atas lengkap, selanjutnya anda memerlukan surat pengantar dari RT dan RW untuk proses berikutnya. Surat pengantar dari RT dan RW berfungsi untuk melanjutkan proses selanjutnya ke kelurahan dan kecamatan.

4. Pengajuan ke kelurahan dan kecamatan
Untuk memperkuat surat keterangan ahli waris, anda perlu pergi ke kelurahan dan kecamatan. Prosesnya relatif cepat. Silahkan datang ke kantor kelurahan dan kecamatan untuk langkah terakhir dalam pembuatan surat ini.


Hal yang Harus Termuat di Dalam Surat Pernyataan Ahli Waris
Surat pernyataan ahli waris sangat penting keberadaannya terkait proses pembagian untuk harta warisan. Dalam surat pernyataan ahli waris harus mengandung beberapa informasi penting terkait identitas ahli waris. Berikut adalah informasi yang harus termuat di dalam surat pernyataan ahli waris :

1. Informasi Pemberi Kuasa
Identitas mengenai pemberi kuasa yang memberikan kuasa kepada pihak lain harus tertera dengan jelas. Identitas yang harus termaktub di dalam surat pernyataan ahli waris seperti nama lengkap, alamat, nomor identitas seperti KTP dan sebagainya.

2. Informasi Pihak yang Diberi Kuasa
Orang yang diberikan kuasa oleh pihak pemberi kuasa harus dicantumkan dengan jelas identitasnya di dalam surat pernyataan ahli waris. Identitas yang harus termaktub seperti nama lengkap, alamat, nomor identitas seperti KTP dan sebagainya

3. Jenis Kuasa
Harus dijelaskan dengan rinci terkait hal ihwal apa kuasa tersebut diberikan dari pemberi kuasa ke pihak yang menerimanya. Misalnya saja kuasa hibah, penjualan dan lainnya.

4. Deskripsi Harta Kekayaan
Harus dicantumkan dengan lengkap deskripsi harta kekayaan yang diwariskan. Misalnya untuk harta tanah maka dijelaskan lokasinya, luasnya, batas tanahnya dan sertifikat hak milik.

Contoh Surat Keterangan Ahli Waris
Untuk memudahkan anda, berikut contoh surat keterangan ahli waris yang bisa jadikan referensi :

SURAT PERNYATAAN AHLI WARIS
Kami yang bertanda tangan di bawah ini, menyatakan dengan sesungguhnya adalah ahli waris dari (nama pewaris). Almarhum meninggal dunia pada (hari dan tanggal meninggal dunia) di (lokasi meninggal). Yang sewaktu hidup bertempat tinggal di alamat (alamat lengkap), yang juga merupakan tempat tinggalnya yang terakhir.

Selama hidupnya, (nama pewaris) telah menikah dengan (nama pasangan pewaris), dari hasil pernikahan tersebut telah menghasilkan 3 anak, dengan ahli waris sebagai berikut :
Ke-1 (Nama, hubungan dengan pewaris, usia) (Alamat)
Ke-2 (Nama, hubungan dengan pewaris, usia) (Alamat)
Ke-3 (Nama, hubungan dengan pewaris, usia) (Alamat)
Ke-4 (Nama, hubungan dengan pewaris, usia)  (Alamat)

Adapun harta peninggalan yang dimaksud berupa:
Sebidang tanah dan rumah yang berdiri di atasnya dengan Sertifikat Hak Milik (SHM) nomor ___________ atas nama ____________.

Luas tanah adalah ___________ meter persegi sementara rumah yang berdiri di atasnya seluas ___________ meter persegi.

Tanah dan rumah tersebut berlokasi di _________________ (alamat jelas).
Adapun batas-batas tanah dan rumah tersebut adalah di sebelah barat adalah _____________, sebelah timur adalah __________, sebelah utara adalah _____________, dan di sebelah selatan adalah _____________.


Kami juga memberikan kuasa kepada penerima kuasa untuk menandatangani Akta Jual Beli Tanah, menerima uang pembayaran, membuat tanda bukti pembayaran (kuitansi), melakukan tindakan hukum dengan pihak ketiga sehubungan dengan harta warisan, serta melakukan tindakan lain yang dianggap perlu.
Demikian surat kuasa ini kami buat dengan sebenarnya, tanpa ada paksaan dari pihak manapun di hadapan dua orang saksi. Apabila di kemudian hari terjadi sesuatu, maka kami akan bertanggung jawab sepenuhnya dari segala tuntutan.


(Tempat dan tanggal pembuatan surat)

Para Ahli Waris
Ke-1 (Nama, hubungan dengan pewaris) (tanda tangan)
Ke-2 (Nama, hubungan dengan pewaris) (tanda tangan)
Ke-3 (Nama, hubungan dengan pewaris) (tanda tangan)          
Ke-4 (Nama, hubungan dengan pewaris) (tanda tangan)

*Tempelkan materai asli Rp6000 di samping daftar nama di atas
Saksi-Saksi

    
(Nama saksi, tanda tangan)                                                                    (Nama saksi, tanda tangan)

Mengetahui,

(Lurah: nama dan cap resmi)                                                                      (Camat: nama dan cap resmi)
Thanks for reading Pentingnya Surat Keterangan Ahli Waris Di Masa Mendatang

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

2 komentar: